Search

Tips Menjaga Kesehatan: 8 Manfaat Olahraga Yang Unik

Posted by Putra Prayida on Sunday, April 24, 2011

Olahraga merupakan hal yang wajib kita lakukan agar jasmani kita sehat dan bugar, bayak sekali olahraga yang dapat kita lakukan seperti, running, swimming, joging, dll. Nah namun kali ini ada manfaat olahraga yang dimana sering kita lakukan setiap hari. Apakah itu?

Manfaat Olahraga Jalan Kaki
Olahraga jalan kaki makin populer, kalau dulu masih banyak yang malas melakukannya, sekarang tampaknya jalan kaki sudah menjadi kebutuhan hidup ^.^, terutama bagi yang menyadari kebutuhan akan kesegaran jasmani. Ini bisa dibuktikan dengan ramainya jalanan setiap pagi, dihampir seluruh daerah di negri tercinta kita ini, terutama pada hari libur. Tua, muda, besar, kecil, pria atau wanita melakukan jalan kaki. Olahraga ringan ini memang besar khasiatnya,

Menurut hasil penelitian, jalan kaki ternyata merupakan aktifitas fisik yang sangat bermanfaat, sedikitnya terdapat 8 manfaat yang bisa dipetik dari olahraga jalan kaki ini, diantaranya:

1) Menguatkan Jantung
Olahraga jalan kaki bisa menguatkan jantung kita, menurut hasil penelitian di Amerika terhadap 12 ribu orang yang memiliki risiko mendapat serangan jantung, risiko itu turun menjadi 30% setelah mereka melakukan olahraga jalan kaki beberapa waktu, lamanya jalan kaki cukup 30-60 menit saja setiap hari. Nah makanya jika Anda ingin jantung anda super sehat silahkan jalan kaki selama yang anda kuat.. ^.^

2) Menaikkan Suasana Hati
Jalan kaki dapat menstimulasi keluarnya endorfin, yaitu zat yang mampu menaikkan suasana hati. Menurut penelitian di Amerika itu pula, jalan kaki lebih efektif daripada obat penenang dalam menghadapi kecemasan. Karena itu jika sedang stress atasi dengan olahraga jalan kaki, tapi jangan lupa untuk pulang yah.. ^.^

3) Tulang Menjadi Lebih Kuat
Tulang perlu dijaga agar bisa kuat, untuk mendapatkan tulang yang kuat perlu melakukan latihan fisik. Olahraga jalan kaki merupakan salah satu caranya, dengan anda rutin melakukan olahraga jalan kaki, tulang menjadi lebih tebal, kuat, dan lebih tahan terhadap osteoporosis (kekeroposan tulang).

4) Menurunkan Berat Badan
Jalan kaki dapat menurunkan berat badan, hal ini bisa terjadi sebab selama jalan kaki, terjadi metabolisme yang sangat cepat, sehingga kalori yang dibakar menjadi lebih banyak. Hal ini akan menurunkan jumlah lemak tubuh. Olahraga ringan ini sangat cocok bagi orang yang berat badannya berlebihan, sebab olahraga jalan kaki tidak menyebabkan benturan-benturan pada persendian dan kecil kemungkinan terjatuh, sehingga aman dilakukan. Heheh jangan sampai terjatuh yah, nanti bisa berguncang negri kita tercinta ini.. ^.^v just kidding.

5) Menyembuhkan Sakit Pinggang
Jalan kaki dapat menyembuhkan sakit pinggang. Hal ini bisa terjadi sebab jalan kaki dapat menguatkan dan menaikkan tonus otot-otot sehingga tulang pinggang menjadi lebih stabil. Nah bagi wanita atau pria yang sudah lansia, yang dimana mungkin sudah tidak kuat untuk melakukan olahraga ringan ini, mereka dapat mengkonsumsi obat tradisional seperti minum jamu yang dimana bahan-bahanya alami dan tidak menimbulkan efek samping dan ketergantungan.

Jamu/obat tradisional yang cocok menurut kami yaitu Jamu Tradisional Cap Putri Sakti, kenapa? karena jamu tradisional itu terbuat dari bahan-bahan lami dan ramuan-ramuan tradisioal asli dari Jawa Timur, jamu ini sudah banyak sekali yang merasakan khasiatnya terutama untuk wanita dan pria yang sudah lansia, dan yang mempunyai sakit pinggang. Jamu/obat tradisional ini sangat terjangkau harganya, jadi kami menyarankan agar menkonsumsi jamu ini, karena sehat itu tidak harus mahal kan?.

6) Menguatkan Seluruh Badan
Ketika jalan kaki, semua organ-organ bawah bergerak seperti kaki, pinggul, dan perut. Bila saat jalan Anda ikut menggerakkan anggota badan bagian atas, misalnya tangan, bahu, dan leher. Bagian atas tubuh juga menjadi kuat.

7) Membuat Pikiran Menjadi Kreatif
Olahraga jalan kaki secara rutin dapat memperbaiki aliran darah ke otak, sehingga membuat pikiran kita menjadi lebih jernih dan kreatif.

8) Mengurangi Keinginan Merokok
Jalan kaki juga dapat mengurangi keinginan merokok bagi para perokok aktif, karena itu jika anda ingin menghilangkan kebiasaan merokok, bisa dicoba dengan cara ini, tentu saja hasilnya tidak langsung anda berhenti merokok, apalagi kalau jalan kakinya sambil merokok #%^%$%^, hehehe ^.^..

Sumber: Majalah Kartini

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Suka Dengan Artikel Kesehatan Dari Tips Sehat Anda?
Silahkan Share Dengan Mengklik Tombol Di Bawah Ini